Senin, 30 Mei 2011

Sampah Plastik juga Bisa di Daur Ulang

Posted on May 28, 2008 by isroi| 30 Comments
Akhir-akhir ini banyak yang berdiskusi denganku tentang pengelolaan sampah. Awalnya hanya tentang bagaimana mengomposkan sampah-sampah organik. Tetapi setelah aku dalami lebih jauh, ternyata pengomposan saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan sampah (lihat diposting ini). Ada banyak macam dan kategori sampah. Kompos hanyalah satu cara untuk mengatasi sebagian kecil dari sampah-sampah itu.
Sampah plastik
Sampah Plastik yang bisa di daur ulang

Ada jenis sampah yang memiliki nilai cukup besar, yaitu sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Baik sampah organik maupuan sampan anorganik ada bagian yang bisa didaur ulang. Misalnya untuk sampah organik, ada kertas, kardus, buku, koran, dan lain-lain.
Untuk sampah anorganik ada sampah lastik yang jumlahnya melimpah. Kebetulan aku ketemu dengan Bapak-bapak pensiunan yang pernah kerja di pabrik plastik. Dia memang bukan di pabriknya tetapi di bagian marketing, pensiunan Marketing Manajer. Aku banyak bertanya padanya tentang perplastikan ini.
Ini pendapatnya. Pada dasarnya semua limbah plastik bisa didaur ulang. Nah..lho….jangan sia-siakan sampah plastik yang kita buang-buang selama ini.
Trus lanjutnya lagi, di Indonesia ada tiga jenis plastik yang banyak dimanfaatkan antara lain adalah: PVC, PE, dan PP (singkatannya aku ngak tahu semua). Plastik PVC biasanya untuk kemasan minuman, pipa dan lain-lain. PE biasanya untuk kantong plastik. dan PP adalah jenis plastik yang kuat dan keras. Ada lagi jenis plastik yang tahan panas, seperti HDPE dan lain-lain. Setiap jenis plastik ini katanya tidak bisa disatukan waktu daur ulang, makanya harus dipisahkan dan dikeolompokkan.
Baru sedikit yang saya tahu. Tetapi paling tidak ini bisa menjadi modal ketika aku membantu warga atau kelompok-kelompok masyarakat yang ingin mengelola sampah. Semoga bermanfaat.
Referensi lain yang mungkin juga Anda perlukan. Rekomendasi link: Free Ebooks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar